Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Jenis Atap Untuk Rangka Baja Ringan

Jenis Atap Untuk Rangka Baja Ringan

Dipublish pada 7 June 2022 | Dilihat sebanyak 310 kali | Kategori: Uncategorized

Rangka Baja Ringan – Bingung ketika memilih rangka terbaik material konstruksi untuk rumah minimalis anda? Rangka baja ringan adalah jawabannya. Penggunaan rangka baja ringan kini semakin populer sebagai bahan konstruksi. Dari hal kekuatan, rangka baja ringan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan kayu atau rangka baja konvensional lainnya.

Rangka baja ringan

Rangka baja ringan

Rangka baja ringan juga memiliki keunggulan dalam hal kecepatan waktu dan biaya pengerjaan. Selain itu, formulanya yang anti karat meskipun terbuat dari bahan metal sehingga tidak akan mudah rusak jika terjadi perubahan cuaca. Berikut ini adalah berbagai jenis atap untuk rangka baja ringan.

Jenis Atap Rangka Baja Ringan Instalasi Rangka

Baja ringan bisa bermacam-macam yang bisa disesuaikan dengan model atapnya. Dapat juga disesuaikan dengan penempatannya, apakah akan digunakan sebagai atap utama, atap canopy ataupun atap skylight atau penerangan. Anda juga bisa memilih berbagai jenis atap yang cocok untuk rangka baja ringan, dimana anda juga bisa menggunakan jasa pemasangan baja ringan kepada kami. Berikut jenis atap yang cocok untuk rangka baja ringan anda.

Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate juga dipilih sebagai bahan yang dapat digunakan untuk rangka baja ringan dikarenakan kuat sekaligus tahan guncangan. Atap polikarbonat sangat populer karena dianggap sangat unggul daripada atap kaca karena 200 kali lebih tahan terhadap benturan.

Atap Upvc Alderon

Atap upvc alderon didesain supaya mudah untuk dibentuk dan juga dipotong sehingga sesuai dengan model pemasangan rangka baja ringan. Dengan adanya formula khusus, anda tidak harus melakukan perawatan khusus karena atap upvc alderon sangat mudah untuk dibersihkan sekaligus tahan lama.

Atap Fiber

Atap fiber banyak dipilih dikarenakan keunggulannya yang kuat, ringan serta bening seperti atap polycarbonate. Akan tetapi, fiber roof banyak dipilih karena ketahanannya terhadap berbagai bahan kimia. Atap fiber seperti alsynite ultra atau ultra cool juga mempunyai ketahanan kimia sehingga risiko kerusakannya sangat rendah.

Atap PVC / Vinyl D

Dengan harganya yang ekonomis akan tetapi mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan atap yang sejenis di kelasnya, atap vinyl juga cocok untuk atap rangka baja ringan anda. Anda dapat memilih atap vinyl seperti halnya lasercool yang mempunyai keunggulan tahan uv dengan berbagai pilihan warna yang sangat beragam.

Penggunaan Atap Rangka Baja Ringan

Selain bisa digunakan untuk rangka utama, rangka baja ringan bisa diaplikasikan untuk desain atap kanopi. Anda dapat memilih atap yang berbahan polycarbonate atau fiber supaya dapat mempercantik atap canopy rumah anda.

Pemasangan yang sangat mudah sekaligus bervarian dengan warna yang banyak, sehingga atap polycarbonate dan atap fiber sangat cocok menjadi pilihan utama. Atap polikarbonat dan atap fiber bisa diaplikasikan sebagai atap baja ringan transparan dikarenakan keduanya mempunyai sifat mentransmisikan cahaya dengan tujuan penerangan rumah anda.

Akan tetapi, atap polikarbonat mempunyai jangkauan transmisi cahaya yang cukup luas daripada atap serat karena mempunyai variasi warna yang sangat luas. Transmisi cahaya minimum oleh atap polikarbonat adalah 4% dan maksimum adalah 89%. Selain itu, transmisi cahaya minimum oleh atap fiber adalah 36% dan maksimum 74%.

Menghitung Biaya Atap Rangka Baja Ringan

Rangka Baja Ringan – Sebelum memasang rangka baja ringan, hal pertama yang harus disiapkan adalah penganggaran. Anda harus tahu berapa kisaran harga rangka dan atap baja ringan per meter. Sebaiknya pilih atap polycarbonate atau atap upvc sebagai atap rangka baja ringan karena harganya yang ekonomis dan digemari masyarakat.

Merk terbaik untuk atap polycarbonate adalah twinlite dan alderon untuk atap upvc. Untuk memenuhi kebutuhan rangka baja ringan anda, keduanya diformulasikan secara khusus dan ekonomis dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Model Atap Rangka Baja Ringan

Model rangka atap berikut dapat dijadikan inspirasi untuk bangunan rumah anda.

Model Atap Kanopi Baja Ringan

Model ini dapat anda terapkan untuk atap kanopi rumah minimalis anda dengan cara memadukan atap polycarbonate dengan atap upvc alderon.

Model Kanopi Baja Ringan Atap Transparan

Anda bisa menggunakan atap berbahan pvc transparan lasercool untuk kanopi anda. Dimana  keunggulannya adalah hemat energi, sekaligus mempunyai profil bergelombang ditambah dengan kualitas premium.

Model Kanopi Baja Ringan

Atap polycarbonate atap polycarbonate sangat cocok untuk model kanopi di tempat tinggal anda karena kualitas bahan polycarbonate sangat mendukung untuk pemasangan di luar ruangan. Dengan menawarkan daya tahan yang sangat luar biasa, fleksibilitas, desain yang unggul, sekaligus dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan alami tempat tinggal.

Model Kanopi Kayu dan Baja Ringan

Anda dapat memadukan atap kayu dengan baja ringan untuk model kanopi jenis ini. Akan tetapi, harus diingat anda harus memilih kayu yang berkualitas supaya tidak mudah untuk dimakan rayap.

Model Kanopi Kaca

Model kanopi kaca ini dapat di temukan pada pemerintahan, gedung perkantoran dan mall. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda dapat memasangnya pada rumah minimalis anda supaya terlihat lebih mewah.

Model Kanopi Garasi Baja Ringan

Untuk anda yang menginginkan kanopi baja ringan minimalis dan praktis dapat digunakan untuk garasi kendaraan anda, maka ez-lock merupakan pilihan yang tepat. Atap kanopi dengan bahan polikarbonat dilengkapi dengan aksesoris dan fitur sistem penguncian mudah yang anti bocor yang membuat kendaraan anda aman dari rembesan air hujan.

Cara Pemasangan Rangka Baja Ringan

Pemasangan rangka baja sebagai penyangga atap bangunan harus mengikuti persyaratan teknis dan langkah kerja yang sistematis. Sebagai langkah awal, buatlah struktur pendukung berupa kolom atau ring balk untuk memudahkan pemasangan posisi rangka baja ringan secara akurat sesuai dengan letaknya. Sebelum proses pemasangan rangka atap, pastikan rangka atap terpasang dengan kuat, stabil dan tegak lurus dengan ring balk. Langkah selanjutnya adalah menginstal mount.

Nok adalah struktur bangunan untuk mengikat kuda satu sama lain. Nook harus dipasang dengan ketinggian puncak yang sama, serta sisi atap yang miring. Pastikan juga tidak ada bagian yang bergelombang, karena jika tidak dapat menyebabkan perubahan bentuk konstruksi bangunan. Setelah memastikan kuda-kuda terpasang dengan akurat, kencangkan kuda-kuda dengan mengamankan pelat l dengan cincin balk menggunakan dynabolt.

Dynabolt adalah baut yang digunakan untuk menghubungkan dua elemen yang berbeda dalam sebuah bangunan. Untuk memastikan kuda-kuda tidak berubah posisi, gunakan balok sebagai penyangga sementara. Langkah selanjutnya adalah pemasangan bracing. Langkah ini berguna sebagai perkuatan diikuti dengan reng baja ringan sesuai dengan peletakan penutup atap. Gunakan dua sekrup 10-16×16 untuk menahan rangka dan reng.

Pasang cadik, tambahan setelah rangka terakhir yang menopang ring balk, sebagai langkah selanjutnya. Pada langkah terakhir, reng langit-langit baja ringan dapat dipasang ke permukaan akord bawah gergaji dan sekrup dengan jarak 120 cm.

Ukuran Rangka Baja Ringan

Rangka Baja Ringan –Ukuran rangka baja ringan memiliki ketebalan mulai dari 0,75 mm hingga 1,00 mm. Meski ketebalan material ini tidak terlalu tebal, namun mild steel memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan material lainnya. Tergantung dari jenis dan bahannya, ukuran baja ringan bisa bermacam-macam. Secara umum ada tiga jenis rangka baja ringan, yaitu:

  • Kasau baja ringan, baja yang dilapisi dengan bahan seng, aluminium atau galvanis, memiliki ketebalan 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm dan 1,00 mm.
  • Reng baja ringan, baja dengan bentuk trapesium yang umumnya digunakan untuk atap peletakan, memiliki ketebalan 0,45 mm dengan tinggi profil reng berkisar antara 28 mm sampai dengan 40 mm.
  • Baja ringan taso, dengan ketebalan 0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm. Taso merupakan salah satu merk baja ringan yang ada.

Demikian ulasan tentang Lebih Mengenal Mengenai Berbagai Jenis Rangka Baja Ringan Atap, Dari kami.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Kanopi Baja Ringan Minimalis

Model Kanopi Baja Ringan Minimalis Terbaik

Dipublish pada 7 June 2022 | Dilihat sebanyak 289 kali | Kategori: Uncategorized

Model Kanopi Baja Ringan Minimalis Terbaik – Kanopi merupakan bagian penting dari struktur sebuah rumah. Dalam memilih model kanopi minimalis, selain itu atap kanopi juga berperan dalam menentukan pertukaran udara yang akan berpengaruh langsung pada tingkat kesejukan di dalam rumah.... selengkapnya

harga baja ringan

Mengetahui Harga Baja Ringan Terbaru

Dipublish pada 7 June 2022 | Dilihat sebanyak 287 kali | Kategori: Uncategorized

harga baja ringan – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai harga baja ringan. Sebelum masuk ke inti pembahasan, mari kita bahas apa itu baja ringan. Baja ringan merupakan salah satu pelengkap dalam rumah yang biasanya terletak... selengkapnya

Model Plafon PVC

Model Plafon PVC Teras Rumah

Dipublish pada 6 May 2022 | Dilihat sebanyak 471 kali | Kategori: Uncategorized

Model atap PVC yang bagus bisa Anda pilih dan mungkin sebelumnya sudah banyak digunakan oleh negara-negara Eropa atau Amerika. Terutama mereka yang memang memiliki iklim atau suhu yang dingin. Mereka membuktikan kesan hangat bisa tercipta dengan baik. Jika Anda menggunakan... selengkapnya