Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 28 May 2022 | Dilihat sebanyak 348 kali | Kategori: Uncategorized

Penggunaan konstruksi baja ringan pada rumah khususnya pada bagian atap semakin marak. Salah satu penyebabnya adalah pasokan kayu yang semakin langka, membuat bahan atap baja ringan dipilih sebagai alternatif.

Berbeda dengan kayu yang harus ditanam bertahun-tahun, sebagai produk industri, baja ringan diproduksi dalam waktu cepat dan dalam jumlah banyak. Tak heran jika atap baja ringan kini menjadi pilihan.

Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Terlepas dari berbagai kelebihan tersebut, untuk atap sebuah bangunan tentunya perlu memperhitungkan kebutuhan akan atap baja ringan agar pas. Agar tidak terlalu banyak terbuang percuma, tidak terlalu sedikit sehingga menimbulkan kebutuhan anggaran tambahan.

Mengutip beberapa sumber yang bergerak di bidang konstruksi bangunan, untuk menghitung rangka atap baja ringan dapat menggunakan rumus:

Volume = (Panjang Bangunan + Genteng Overstock) x (Lebar Bangunan + Genteng Oversteak) / Derajat Kemiringan Atap Genteng (derajat cos)

Sebagai gambaran, misalkan ada sebuah rumah dengan ukuran 10 x 20 meter. Setiap atap rumah memiliki overstek dengan panjang 1,5 meter dan kemiringan atap sekitar 35 derajat.

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa luas rangka atap baja ringan yang dibutuhkan adalah:

  • Panjang bangunan: 1,5 + 10 + 1,5 = 13 meter
  • Lebar bangunan: 1,5 + 20 + 1,5 = 23 meter
  • Derajat kemiringan : Cos 35 derajat celcius = 0,819
  • Maka total volume rangka atap baja ringan yang dibutuhkan adalah :

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Volume = 13 x 23 / 0,819 = 299 / 0,819 = 366 meter persegi.

Selanjutnya dapat dihitung bahan tambahan yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Kasau dan Reng

Rumus yang digunakan untuk jumlah kasau adalah: (Luas atap miring x 4) / 6. Jika luas total yang diperoleh adalah 366 meter persegi, maka perhitungannya adalah: (366 x 4) / 6 = 1,464 / 6 = 244 buah.

Rumus yang digunakan untuk jumlah reng adalah : Jumlah kasau x 1,2. Jika jumlah kasau yang diperoleh sebelumnya 244 kasau, maka perhitungannya adalah: 244 x 1,2 = 292,8 atau dibulatkan menjadi 293 buah.

  1. Alat prerangkai

Rumus yang digunakan untuk jumlah skrup genteng adalah : Jumlah Genteng Skrup = Jumlah Ubin x 12. Jika jumlah ubin yang didapat adalah 593 buah, maka perhitungannya adalah : 593 x 12 = 7.116 buah.

Rumus yang digunakan untuk jumlah skrup baja ringan adalah : Luas atap miring x 20. Jika luas total yang didapat 366 meter persegi, maka perhitungannya adalah : 366 x 20 = 7.320 buah.

Jumlah skrup = 7116 + 7.320 = 14.436 buah

  1. Ubin logam ukuran 2 x 4

Rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah kebutuhan genteng = (Luas atap miring x 1,62). Jika luas total yang didapat adalah 366 meter persegi, maka perhitungannya adalah: 366 x 1,62 = 592,92 atau 593 genteng metal dengan ukuran 2 x 4.

cara menghitung rangka atap baja ringan sebagai berikut:

Perhitungan merupakan hal terpenting sebelum melakukan konstruksi, hal ini untuk menghindari kekurangan dan kelebihan bahan bangunan. Salah satunya adalah ketika menghitung atap, ada cara yang berbeda.

  1. Menghitung Volume Bingkai

Volume rangka yang dibutuhkan pada saat membangun atap memiliki perhitungan tersendiri, yaitu (panjang rumah + overcut genteng) x (lebar rumah + overcut genteng): derajat kemiringan.

Cukup sederhana namun harus diperhatikan dengan matang. Misalnya, ketika Anda ingin membangun 4 x 5 dan overstek 2 meter dengan kemiringan 60%, bingkai-bingkai bingkai adalah: (6) x (7) : o,5 = 210 meter persegi. Jadi kebutuhan rangka minimal 210 meter persegi.

  1. Menghitung Kebutuhan Reng dan Rangka

Kasau dan reng diperlukan untuk memastikan atap terpasang dengan kuat, untuk menghitungnya cukup memasukkan volume ke dalam persamaan. Untuk menghitung kasau, (luas atap x 4)/6, sedangkan reng = jumlah kasau x 1,2.

Melanjutkan contoh sebelumnya, luas atap adalah 210 meter persegi, sehingga jumlah kasau adalah (210 x 4)/6 = 140 buah. Sedangkan jumlah reng adalah 140 x 1,2 = 168 buah.

  1. Menghitung Kebutuhan Sekrup

Karena akan dipasang atap besi, membutuhkan skrup sebagai booster, maka perhitungannya sendiri sederhana yaitu jumlah genteng x 4. Misalnya suatu atap membutuhkan 450 genteng, maka jumlah skrup adalah 1800 skrup.

Cara Gps Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui cara menghitung rangka atap baja ringan , perhatikan juga cara pemasangannya. Karena beda teknik konstruksi, beda cara pembuatannya. Berikut beberapa cara pemasangan atap baja ringan.

  1. Memahami Bagaimana Struktur Atap

Langkah pertama memahami bagaimana struktur atapnya terlebih dahulu. Dalam konstruksi baja ringan terdapat dua jenis yaitu batang luar atau sering disebut akord dan batang dalam yang disebut jaring.

  1. Pastikan Pemasangan Baut

Langkah kedua adalah memastikan pemasangan baut, mulai dari memperhatikan posisi atau jarak antar baut hingga cara memasangnya. Mulai dari jarak antar baut, usahakan minimal tiga kali diameter baut.

Selain itu, saat pasang baja ringan harus secara vertikal dan harus sepenuhnya terpasang. Idealnya gunakan kecepatan putaran 200 hingga 250 rpm, agar baut benar-benar menancap dengan kuat.

Ulasan tentang cara sudah menghitung rangka atap baja ringan diatas apa yang paham?..Jika Anda sekalian tidak mau ribet deng hitung menghitung, Percayakan kepada Tim Kami dalam Pasang baja ringan pada bangunan Anda. Hubungi klik ikon WA yang tertera di situs kami.

Semua Jasa Pasang Baja Ringan

  1. Pasang Baja Ringan
  2. Pasang Rangka Atap Baja Ringan
  3. Toko Baja Ringan
  4. Toko Baja Ringan Jogja
  5. Baja Ringan Bantul
  6. Atap Baja Ringan Murah
  7. Baja Ringan Klaten
  8. Toko Baja Ringan Terdekat
  9. Baja Ringan Yogyakarta
  10. Jasa Pemasangan Baja Ringan
  11. Jual Baja Ringan Kencana
  12. Jasa Bangun Rumah
  13. Toko baja ringan
  14. Baja Ringan
  15. Atap Baja Ringan Murah
  16. Kanopi Baja Ringan
  17. Baja Ringan Jogja
  18. Pasang Baja Ringan
Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
harga baja ringan

Harga Baja Ringan Per Batang

Dipublish pada 7 June 2022 | Dilihat sebanyak 307 kali | Kategori: Uncategorized

Harga Baja Ringan – Untuk membangun rumah yang kuat dan kokoh, kita harus menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, salah satunya adalah baja ringan. Baja ringan merupakan pilihan banyak diminati ketika akan membuat struktur atap rumah. Alasannya karena harga baja ringan lebih... selengkapnya

Jasa Pemasangan Kanopi Baja Ringan

Jasa Pemasangan Kanopi Baja Ringan

Dipublish pada 6 June 2022 | Dilihat sebanyak 290 kali | Kategori: Uncategorized

Apakah Anda berencana menggunakan baja ringan sebagai atap rumah atau anda sedang mencari Jasa Pemasangan Kanopi Baja Ringan ditempat Anda. Namun, Anda harus tau sebelum memasang atap Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari baja ringan ini. Selain mengetahui kelebihannya... selengkapnya

Perhitungan Rangka Atap Baja Ringan

Mengenal Simulasi Perhitungan Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 29 May 2022 | Dilihat sebanyak 323 kali | Kategori: Uncategorized

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perhitungan rangka atap baja ringan . Dalam pengerjaan pembuatan atap rumah dan kanopi teras. Salah satu cara perhitungan rangka atap baja ringan adalah dengan menggunakan rumus trigonometri. Saat ini penggunaan... selengkapnya